Menu Click to open Menus
Home » Artikel Kesehatan » Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

(22 Views) Mei 19, 2017 2:09 pm | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus. Diabetes biasanya tidak muncul secara tiba-tiba. Boleh dikatakan perkembangan penyakit ini cukup sangat lama, prosesnya hampir dalam hitungan tahun.

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Umumnya diabetes mengacu pada diabetes melitus. Suatu kondisi yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah atau hiperglikemia. Bahaya penyakit diabetes melitus disebabkan karena kekurangan hormon insulin, atau matinya jaringan sel-sel dalam tubuh untuk menerima hormon insulin.

Kekurangan insulin dan gagalnya sel-sel tubuh dalam merespon insulin dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Diabetes dan tingkat gula darah yang tidak normal dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang serius.

Meningkatnya kadar gula darah secara terus menerus dan konsisten dapat menyerang pembuluh darah dan saraf. Bahaya penyakit diabetes melitus benar-benar dapat memengaruhi setiap organ tubuh.

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

  • Luka Gangren. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pembuluh darah kecil yang memasok darah ke saraf sehingga mengakibatkan matinya sel-sel dalam tubuh.Biasanya penyakit ini menyerang anggota tubuh seperti kaki dan tangan. Gejala atau ciri luka gangren dapat dilihat dengan adanya perubahan warna kulit serta rasa nyeri yang kuat seperti mati rasa.Luka gangren memiliki banyak jenis, seperti gangren kering, gangren basah, gangren gas, gangren internal, gangren fournier, dan gangren maleney.Penyakit ini biasanya diselesaikan dengan cara di amputasi, karena luka ini┬ásangat sulit untuk disembuhkan. Akan tetapi ada cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati luka gangren, yaitu dengan manfaat madu lebah. Atau anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal untuk luka gangren.
  • Gagal Ginjal. Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh juga bisa membuat kinerja ginjal semakin berat. Ginjal yang seharusnya berfungsi menyaring racun, terpaksa harus bekerja ekstra untuk menyaring kelebihan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Hipertensi. Orang yang menderita penyakit diabetes dua kali lebih beresiko terkena hipertensi, dibandingkan dengan orang yang tanpa diabetes.
  • Penyakit Jantung. Selain beresiko hipertensi bahaya penyakit diabetes juga beresiko membahayakan jantung. Kurangnya suplai darah dan oksigen ke jantung, membuat jantung tidak lagi bekerja secara optimal.
  • Retinopati Diabetik. Kerusakan pembuluh darah pada retina dalam waktu jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan. Selain itu bahaya penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan pembengkakan lensa mata dan berisiko mengalami kebutaan.

Demikianlah bahaya penyakit diabetes melitus yang patut kita waspadai. Lakukan pencegahan sesegera mungkin dengan cara selalu mengontrol kadar gula darah tubuh anda, dengan demikian bahaya penyakit diabetes melitus tidak menyerang ke organ tubuh yang lain.

Semoga ulasan mengenai bahaya penyakit diabetes melitus dapat bermanfaat bagi anda dan setelah anda membaca artikel ini, anda dapat mengetahui bahaya penyakit diabetes melitus lebih banyak lagi.

Categorised in:

Comment Closed: Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Sorry, comment are closed for this post.