Cara Merawat Luka Gangren di Rumah Sendiri

Cara Merawat Luka Gangren di Rumah Sendiri. Jika anda atau saudara anda mengidap luka gangren, maka diperlukan berbagai macam perawatan agar kondisi tidak semakin memburuk.

Cara Merawat Luka Gangren di Rumah Sendiri

Luka gangren disebabkan oleh beberapa faktor penyebab gangren seperti penyumbatan aliran darah atau karena infeksi bakteri. Ciri-ciri luka gangren ditandai dengan adanya perubahan warna kulit, dan timbul bau busuk dari bagian yang luka.

Sebelum melakukan perawatan luka gangren, ada baiknya anda mencegahnya terlebih dahulu. Dengan anda mengontrol kadar gula darah anda, dapat meminimalisir terjadinya luka gangren. Selain itu dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang akan timbul.

Cara Merawat Luka Gangren di Rumah Sendiri

Cara merawat luka gangren di rumah sendiri adalah kegiatan yang dapat dilakukan setiap saat, dibandingkan dengan perawatan ke rumah sakit. Karena dengan melakukan perawatan luka gangren di rumah sendiri sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Berikut adalah cara perawatan luka gangren yang bisa anda lakukan di rumah;

  • Periksa kaki anda setiap hari. Jika kaki anda mengalami rasa sakit yang kuat bahkan seperti mati rasa, mungkin ada sesuatu yang salah. Memang sulit untuk kebanyakan orang untuk melihat bagian bawah kaki mereka, bahkan setelah mereka menggunakan cermin.
  • Cuci kaki dengan bersih. Ketika anda mandi, bersihkan kaki anda menggunakan air hangat dan keringkan sampai ke sela-sela jari kaki anda. Gunakan krim atau lotion untuk mencegah kaki anda dari kekeringan yang dapat menyebabkan luka.
  • Buat kaki tetap nyaman. Untuk menjaga kaki anda tetap empuk pakaikan kaus kaki yang lembut dan alas kaki yang nyaman. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi dan sempit, yang dapat membahayakan kaki anda. Dokter biasanya menyediakan sepatu khusus jika anda memerlukannya.
  • Memotong kuku kaki anda. Dengan membersihkan kuku kaki anda apat mengurangi penyebaran infeksi yang dilakukan oleh bakteri pada luka gangren.
  • Mengontrol kadar gula darah. Hal ini sangat bagus dilakukan untuk pengidap penyakit diabetes, karena apabila dibiarkan luka gangren akan semakin parah, dan jaringan mati akan semakin luas.
  • Menyemprotkan antiseptik. Cairan fisiologi berupa cairan NaCl atau Rl dan kain kassa steril. Semprotkan cairan antiseptik pada kaki anda yang terdapat luka gangren agar kuman pada luka tersebut mati. Lakukan setiap dua kali sehari agar memastikan tidak ada kuman lagi yang hidup. Jangan lupa tutup bagian luka gangren dengan kain kassa yang sudah diberi cairan NaCl.

Ingin mengetahui obat gangren yang sudah terbukti??? kunjungi >>> Obat Luka Diabetes

Jika anda ingin kaki anda sembuh dari luka gangren, hindari makanan yang menyebabkan luka semakin parah. Makanlah makanan yang sehat seperti gandum, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks.

Demikian ulasan mengenai cara merawat luka gangren di rumah sendiri. Semoga dengan informasi ini anda bisa merawat luka gangren sendiri di rumah.