Menu Click to open Menus
Home » Artikel Kesehatan » Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

(19 Views) Mei 19, 2017 2:04 pm | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes. Diabetes atau sering disebut juga kencing manis termasuk jenis penyakit kronis yang mematikan.

Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dari data International Diabetes Federation (DIF), Indonesia sendiri menempati posisi ke tujuh dengan jumlah penderita sebanyak 10 juta penyandang diabetes.

Sebagian besar orang menganggap bahwa penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi tidak demikian, banyak unsur-unsur lain penyebab diabetes.

Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Pada dasarnya faktor yang menyebabkan luka gangren pada penderita daibetes adalah penyakit diabetes itu sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan terjadinya luka gangren.

  • Penyumbatan aliran darah kedalam jaringan tubuh. Tidak adanya suplai darah ke bagian dalam jaringan tubuh dapat mengakibatkan fungsi jaringan mati dan menimbulkan luka pada kulit.
  • Disebabkan oleh bakteri clostridium perfringens yang berkembang disekitaran luka. Biasanya terjadi pada pengidap gangren gas.
  • Peningkatan kadar gula dalam darah.
  • Tidak seimbangnya bakteri anaerob dan aerob yang menyebabkan infeksi terjadi.
  • Neurophaty, yaitu berbagai kerusakan yang dialami oleh jaringan syaraf.
  • Immunophaty, inilah penyebab lainnya mengapa kencing manis atau diabetes mellitus mengalami luka yang sulit sembuh.
  • Vasculophaty , merupakan keadaan dimana sistem peredaran darah tidak lancar. Yang terjadi adalah kurangnya distribusi oksigen ke dalam jaringan tubuh, khususnya kaki terhambat.

Pencegahan Luka Gangren

Luka gangren sebenarnya dapat dicegah, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebenarnya dengan menggunakan antibiotik seperti amoxicillin dan levofloxacin gejala luka gangren dapat disembuhkan . Biasanya dokter memberikan terapi oksigen bertekanan tinggi atau melakukan operasi.

Tetapi alangkah baiknya pencegahan dilakukan sebelum pengobatan. Dengan merawat kaki secara rutin setiap hari, mengontrol kadar gula darah, mengatur pola makanan, serta tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan gejala gangren semakin parah seperti merokok atau meminum minuman keras. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi produk herbal seperti Obat Luka Diabetes.

Dengan mengetahui faktor yang menyebabkan luka gangren pada penyakit diabetes, kita tahu bagaimana cara mencegahnya. Terutama pada penderita diabetes, karena jika tidak segera ditangani dampaknya akan semakin parah.

Demikianlah ulasan mengenai faktor yang menyebabkan luka gangren pada penderita diabetes. Semoga setelah anda mengetahui faktor penyebabnya anda bisa mencegah bahkan menyembuhkan luka gangren lebih awal sebelum lebih parah.

Categorised in:

Comment Closed: Faktor Yang Menyebabkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Sorry, comment are closed for this post.