Jenis Jenis Gangren Dan Faktor Penyebabnya

By | 19/05/2017

Jenis Jenis Gangren Dan Faktor Penyebabnya

Jenis Jenis Gangren Dan Faktor Penyebabnya – Gangren merupakan penyakit yang diawali oleh penderita diabetes. Penyakit ini biasa nya disebabkan oleh kematian jaringan tubuh karena kurang nya aliran darah atau karena infeksi bakteri.

Jenis Jenis Gangren Dan Faktor Penyebabnya

Gangren paling sering berpengaruh terhadap anggota tubuh seperti kaki atau tangan, namun kebanyakan menyerang bagian kaki. Resiko gangren akan menjadi lebih tinggi apabila anda memiliki kondisi tubuh yang dapat merusak pembuluh darah dan mempengauhi aliran darah anda seperti penyakit diabetes atau aterosklerosis.

Pengobatan gangren sendiri biasanya dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat jaringan yang mati atau dengan menggunakan antibiotik. Penyembuhan setelah operasi akan lebih baik apabila gangren dapat diidentifikasi lebih awal dan diobati dengan cepat.

Gejala terjadinya gangren

Gejala yang dapat anda ketahui ketika gangren mulai mempengaruhi kulit anda, berikut tanda-tanda nya ;

  • Perubahan warna kulit yang signifikan, mulai dari warna biru, ungu, hitam sampai dengan merah perunggu, tergantung jenis gangren yang anda miliki.
  • Diikitu rasa sakit yang kuat, seperti mati rasa.
  • Tercium bau tidak sedap dari sekitaran yang luka.

Jenis Jenis Gangren Dan Faktor Penyebabnya

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis gangren;

  • Gangren Basah.

Disebut gangren basah karena anggota tubuh yang terkena gangren basah permukaan nya akan terlihat basah dan mengeluarkan cairan-cairan yang tidak sedap. Hal ini dapat berkembang akibat luka bakar yang parah, atau cidera setelah radang dingin terjadi.

Hal ini sering terjadi akibat penderita luka diabetes yang secara tidak sadar melukai kaki atau jari kaki mereka. Jenis gangren ini harus segera diobati karena bisa menyebar dengan cepat dan bisa berakibat fatal.

  • Gangren Kering.

Jenis gangren ini biasanya ditandai dengan kulit kering dan keriput, dan berwarana coklat atau kebiru-biruan, sampai hitam. Gangren kering paling sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit pembuluh darah seperti aterosklerosis dan biasanya terjadi secara perlahan-lahan.

  • Gangren Gas.

Gangren gas disebabkan oleh infeksi bakteri clostridium perfringens. Bakteri ini berkembang pada luka cedera atau luka setelah bedah akibat kehabisan suplai darah. Infeksi bakteri ini dapat menghasilkan racun yang mengandung gas, maka dari itu disebut “gangren gas” , sama hal nya dengan gangren basah, gangren gas pun dapat mengancam jiwa.

Jika anda memiliki gangren gas, pada awalnya permukaan kulit anda tampak normal. Akan tetapi lambat laun kulit anda akan berubah menjadi pucat dan kemudian berubah warna menjadi abu-abu atau merah keunguan.

Sebuah bulatan-bulatan seperti balon akan tampak diarea sekitar luka yang semakin jelas. Luka tersebut akan mengeluarkan suara berderak apabila anda menekan bulatan balon tersebut.

  • Gangren Internal.

Disebut gangren internal karena gangren ini dapat mempengaruhi bagian anggota tubuh bagian dalam, seperti memengaruhi bagian usus, kandun empedu dan usus buntu anda.

Penyebab jenis gangren ini dikarenakan aliran darah ke organ internal terhambat. Gangren internal sering menyebabkan si penderita mengalami demam bahkan sakit parah. Jika tidak segera diobati, jenis gangren ini dapat berakibat fatal sampai mengancam jiwa.

  • Gangren Fournier.

Jenis gangren ini biasanya menyerang bagian genital pria. Pria lebih sering terkena jenis gangren ini, akan tetapi tidak menutup kemungkinan wanita pun dapat mengalami gangren fournier.

Gangren fournier biasanya terjadi karena infeksi di bagian genital atau saluran kemih yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri serta ditandai dengan warna kemerahan pada daerah kelamin.

  • Gangren Maleney.

Gangren maleney termasuk ke dalam gangren jenis langka. Jenis gangren ini biasanya terjadi setelah operasi, disertai dengan retakan kecil di kulit yang menyakitkan, yang muncul setelah satu sampai dua minggu sehabis operasi.

Faktor Penyebabnya

Adapun beberapa faktor penyebab terjadinya gangren diatas adalah sebagai berikut ;

  • Akibat kurangnya suplai darah. Tanpa suplai darah yang memdai, jaringan dan sel-sel dalam tubuh tidak bisa menerima oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah. Maka dari itu dapat menyebabkan kematian pada jaringan tubuh anda.
  • Infeksi bakteri. Jika bakteri berkembang pada bagian luka dan dapat membunuh jaringan pada tubuh anda dapat mengakibatkan gangren.

Kita harus mengetahui jenis jenis gangren dan faktor penyebabnya, karena akan sangat berpengaruh terhadap luka diabetes yang anda alami. Sehingga anda akan menjadi lebih sigap dalam mengatasi luka gangren apabila terjadi pada anda.

Senantiasa lakukan perawatan di rumah sendiri dengan selalu merawat kaki agar tidak terkena bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Serta anda juga perlu memulai pola hidup sehat dan pola makan yang teratur, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terajdinya diabetes.

Namun apabila anda terlanjur terkena luka diabetes atau gangren, anda bisa mengatasinya dengan memberikan cairan anti biotik seperti cairan NaCl dan Kain Kassa Steril. Selain itu anda juga bisa menggunakan anti biotik alami dan tradisional.

Anti biotik alami tersebut berupa produk herbal yang berfungsi sebagai obat luka diabetes yang bisa anda konsumsi atau melakukan pengobatan dari luar (di oles).

Apa anda penasaran dengan obat luka diabetes yang ampuh dan terbukti??

⇓ ⇓ ⇓

Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering

Demikian jenis jenis gangren dan faktor penyebabnya yang saya informasikan untuk anda yang belum mengetahui dampak dari penyakit diabetes. Semoga dengan memberikan informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai jenis jenis gangren dan faktor penyebabnya.

Terimakasih sudah berkunjung 🙂