Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Yang Bisa Fatal

Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Yang Bisa Fatal – Seseorang yang mengidap penyakit diabetes harus mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya luka diabetes. Penyakit diabetes harus menghindari apa yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Yang Bisa Fatal

Bagi para penderita diabetes, perlu hati-hati saat anda akan mengkonsumsi makanan. Biasanya bagi para pengidap diabetes akan diberi terapi melalui pola makan yang teratur atau disebut juga terapi nutrisi medis. Terapi tersebut bertujuan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selain itu rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah.

Berikut ini contoh makanan sehat untuk penderita diabetes ;

  • Makanan yang terbuat dari karbohidrat kompleks seperti kentang panggang, nasi merah, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  • Daging tanpa lemak, seperti daging yang dikukus, direbus, dipanggang dan dibakar.
  • Sayur-sayuran yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik untuk penderita diabetes diantaranya brokoli dan bayam.
  • Buah-buahan segar yang langsung dipetik dari pohonnya.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai yang diolah dan dijadikan sup atau ditumis.
  • Olahan susu yang rendah lemak kalori.
  • Ikan tuna, salmon, sarden dan makarel baik untuk kesehatan karena tidak mengandung kadar gula darah yang tinggi. Melainkan yang harus dihindari adalah ikan tongkol karena mengandung kadar gula darah tinggi.

Demi menjaga kadar gula darah tetap setimbang, seorang penyandang penyakit diabetes harus pintar-pintar memilih makanan yang dikonsumsinya.

Apa saja makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes?

Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Yang Bisa Fatal

Berikut adalah pantangan makanan pada penderita penyakit diabetes ;

Buah-buahan kering.

Buah-buahan kering adalah buah yang kandungan airnya sudah dihilangkan. Maka dari itu buah-buahan kering sangat tidak baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kandungan gula di dalam nya sangat tinggi. Sebagai contoh misalnya buah aprikot, 30g buah aprikot segar mengandung sekitar 17 kalori, sedangkan setengah cangkir aprikot kering mengandung 170 kalori. Maka dari itu buah yang terbaik adalah buah segar.

Jus buah.

Sering kita meminum jus buah disaat terik matahari, karena segar rasanya apalagi jus buah mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Tetapi apa kalian tahu bahwa jus buah termasuk pantangan penderita penyakit diabetes. Oleh dikarenakan jus buah mengandung kadar gula yang tinggi dan apabila sering mengkonsumsi jus buah dapat memperparah penyakit diabetes. Tetapi tidak semua jus buah mengandung gula yang tinggi, ada sebagian buah yang mengandung gula rendah seperti lemon, pepaya, stroberi, dan semangka.

Minuman pabrikan dan minuman berenergi.

Selalu periksa label barang belanjaan anda, siapa tahu barang yang anda beli mengandung kalori dan kadar gula tinggi. Seperti minuman-minuman botol, konsentrat jus, susu rasa, minuman kola, itu semua harus dihindari karena hanya dengan beberapa teguk anda sudah mengkonsums lebih dari 200 kalori.

Makanan sereal.

Pantangan makanan penyakit diabetes yang bisa fatal yang berikutnya adalah makanan sereal. Meskipun ada banyak makanan sereal yang ditujukan untuk diabetes, akan tetapi alangkah baiknya anda menghindarinya. Dikarenakan makanan sereal mengandung kadar gula yang cukup tinggi hingga 56%.

Kue kukis.

Selanjutnya pantangan makanan yang harus anda hindari adalah kue kukis. Memang makanan ini termasuk makanan favorit yang lezat, akan tetapi dalam 1 buah kue kukis mengandung 177 kalori. Jadi apabila anda memakan 3 buah kue kukis, sudah banyak kalori yang anda konsumsi.

Puding.

Makanan ini biasanya dijadikan sebagai makanan penutup. Namun dibalik kelezatannya, puding mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Dalam 100 gram puding coklat mengandung kalori sekitar 100 kalori dan mengandung sekitar 20,17 gram gula.

Cake.

Cake adalah salah satu makanan pantangan penderita diabetes, dikarenakan mengandung kadar gula dan kalori yang cukup tinggi. Dalam sepotong cake coklat saja sudah mengandung sekitar 235 kalori atau setara dengan 20-30 gram gula.

Saus, selai dan sirup.

Sirup sudah menjadi ikon minuman pada saat lebaran tiba. Namun minuman yang segar ini memang harus dihindari karena sirup mengandung kadar gula lebih dari 20%. Sama halnya dengan sirup saus juga mengandung kadar gula yang tinggi. Sedangkan selai mengandung lebih dari 40% gula.

Kentang goreng.

Pantangan makanan penyakit diabetes yang bisa fatal selanjutnya adalah kentang goreng. Makanan ini memang termasuk ke dalam makanan yang gurih bukanlah manis. Kentang goreng mengandung banyak komponen seperti gula, kalori sampai kolesterol. Biasanya makanan ini di goreng menggunakan minyak panas, sehingga menambah banyak kalori. Maka dari itu kentang goreng menjadi salah satu cemilan yang patut dihindari oleh penderita diabetes.

Makanan penutup beku.

Dari semua makanan penutup yang beku, yoghurt beku termasuk jenis makanan yang harus dihindari. Eskrim maupun milkshake sama saja , ketiga makananan ini mengandung kadar gula sampai 25% lebih.

Selain daftar diatas, beberapa makanan lainnya yang juga harus dihindari seperti makanan kaya akan sodium (contoh kecap) atau produk makanan olahan tepung seperti pizza, pasta dll. Makanan itu semua sebaiknya anda hindari, jika memang anda tidak ingin kalori dan kadar gula darah anda meningkat.

Apabila kadar gula darah meningkat dan tidak terkontrol, maka tubuh anda tidak lagi bisa memproduksi insulin secara efektif karena terlalu banyak insulin di dalam tubuh. Yang terjadi adalah kelebihan kadar gula dalam tubuh, apabila sudah kronis maka akan menyebabkan racun bagi tubuh.

Jika kelebihan glukosa dalam tubuh menghambat aliran darah, maka yang terjadi adalah jaringan dan sel-sel tubuh mati sehingga menyebabkan luka yang disebut luka gangren.

Jika makanan-makanan diatas tidak anda hindari, maka akan menyebabkan keadaan yang lebih fatal. Oleh sebab itu memilih makanan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan untuk penyandang penyakit diabetes. Selain itu anda juga harus lebih rajin lagi dalam pengecekan kadar gula darah anda.

Demikian ulasan mengenai pantangan makanan penyakit diabetes yang bisa fatal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya untuk penderita penyakit diabetes. Terimakasih atas kunjungannya.