Penyebab Dan Ciri-Ciri Eksim Basah Pada Kulit

By | 19/05/2017

Penyebab Dan Ciri-Ciri Eksim Basah Pada Kulit

Penyebab Dan Ciri-Ciri Eksim Basah Pada Kulit – Pernahkah anda mendengar tentang penyakit eksim ? Penyakit eksim adalah sebuah kelainan pada kulit kronis yang mengakibatkan bagian tubuh yang terkenanya akan terasa gatal.

Penyebab Dan Ciri-Ciri Eksim Basah Pada Kulit

Penyakit eksim ini bisa terjadi akibat peradangan pada lapisan kulit, baik itu di lapisan epidermis (bagian kulit terluar) maupun dermis (bagian kulit setelah epidermis). Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini yaitu karena alergi.

Penyakit eksim dalam istilah kedokteran disebut radang di kulit, hal ini dipicu karena adanya zat asam yang berlebihan pada kelenjar getah bening. Penyebab lainnya yaitu disebabkan karena terjadinya proses detoksifikasi pada tubuh melalui ginjal dan lambung, yang melalui pori-pori pada kulit, sehingga bisa memicu eksim.

Penyakit eksim bisa menerpa siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, laki-laki maupun perempuan bisa terkena penyakit ini. Dalam pemahaman masyarakat kita, eksim terbagi menjadi dua jenis, yaitu eksim kering dan eksim basah. Namun pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai eksim basah beserta penyebab dan ciri-ciri nya.

Penyebab Dan Ciri-Ciri Eksim Basah Pada Kulit

Eksim basah merupakan peradangan atau proses inflamasi yang hebat pada kulit bagian luar yang menimbulkan rasa gatal dan berair. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit kemerahan dan jika digaruk akan mengeluarkan cairan. Didalam dunia kedokteran kondisi seperti itu biasa disebut dengan dermatitis.

Ciri-Ciri Atau Gejala Eksim Basah

Beberapa ciri-ciri eksim basah yang dapat anda ketahui dan rasakan ini mungkin dapat membantu anda dalam mengenal jenis eksim basah walaupun sebenarnya ciri-ciri atau gejala ini juga dapat terjadi pada eksim kering. Berikut ciri-ciri atau gejala yang dapat terjadi pada eksim basah.

  1. Terasa Gatal-Gatal

    Gejala gatal-gatal ini akan dirasakan pada penderita penyakit eksim basah maupun eksim kering. Sebaiknya apabila merasakan gatal yang kuat jangan sesekali untuk menggaruknya terlalu kencang karena bisa menyebabkan infeksi dan luka yang lebih parah.

  2. Timbul Ruam Merah

    Gejala dan ciri-ciri yang terjadi pada eksim basah ini bisa terjadi terus menerus dan melebar apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan benar.

  3. Timbul Bintik-Bintik Merah

    Bisanya gejala ini timbul seperti bekas gigitan nyamuk, akan tetapi meski begitu jika tidak segera ditangani akan menyebabkan proses penyembuhan yang cukup lama.

  4. Kulit Terasa Terbakar dan Panas

    Ciri-ciri eksim basah yang satu ini merupakan gejala yang akan timbul pada semua penderita penyakit ini, dan akan merasakan kulit yang seperti terbakar dan panas. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan salep eksim basah.

Selain itu, penyakit eksim basah juga akan menunjukan gejala seperti kulit yang melepuh merah, bengkak, basah atau berair dan nanah. Untuk mengatasi hal tersebut anda juga bisa membeli obat eksim basah di apotik.

Penyakit eksim basah yang masih baru akan lebih cepat disembuhkan dari pada eksim kering. Hanya saja penyebaran eksim basah pada kulit akan lebih cepat menyebarnya karena diakibatkan oleh infeksi bakteri yang masih aktif dan sangat suka pada lingkungan yang lembab.

Penyebab Eksim Basah

  1. Infeksi Mikroorganisme

    Penyakit eksim basah dapat terjadi karena adanya infeksi mikroorganisme yang turut membantu dalam pembentukan lesi pada eksim basah. Dan eksim basah akan semakin buruk keadaannya apabila kulit sangat sensitif terhadap allergen mikroorganisme.

  2. Alergi

    Banyak hal yang dapat memicu timbulnya gejala gatal pada eksim basah karena alergi, seperti alergi debu, alergi makanan, alergi obat-obatan tertentu, atau alergi bulu binatang. Biasanya ketika alergi itu muncul maka akan timbul gejala gatal-gatal pun menyerang.

  3. Luka

    Seseorang yang terluka seperti luka lecet akibat jatuh dari motor atau sebab lain dapat menyebabkan timbulnya gejala eksim basah. Bisa saja luka yang terjadi menjadi infeksi jika terkontaminasi bakteri yang terdapat di udara, debu atau tersentuh oleh tangan yang kotor.

  4. Cacar

    Penyebab lain terjadinya eksim basah yaitu karena cacar. Cacar merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bintik-bintik berwarna merah dan bergelembung. Seseorang yang menderita penyakit ini akan merasakan gatal-gatal yang terus menerus terjadi. Ada baiknya tidak untuk menggaruknya karena akan mengakibatkan bekas berair dan dapat memicu terjadinya eksim atau bahkan infeksi kulit. Maka dari itu menjaga kebersihan tetap penting.

  5. Sabun Cuci

    Seseorang yang tidak terbiasa memegang sabun cuci, biasanya akan menimbulkan gatal-gatal karena alergi terhadap sabun tertentu. Maka dari itu, apabila setelah menyentuh sabun cuci ada baiknya segera cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Agar tidak menimbulkan gejala eksim basah lebih lanjut.

Beberapa penyebab lainnya juga dapat memicu terjadinya eksim basah seperti luka akibat tersiram air panas atau karena luka terkena knalpot. Oleh karena itu, jika mengalami hal tersebut segera lakukan perawatan dengan baik dan benar, serta anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang alami serta sudah terbukti ampuh mengatasi eksim basah.

Ingin tahu obat tersebut? simak selengkapnya >>> Obat Eksim Basah

Demikian artikel kesehatan mengenai penyebab dan ciri-ciri eksim basah pada kulit yang dapat saya informasikan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih sudah berkunjung.