Perbedaan Diabetes Kering Dengan Diabetes Basah

Perbedaan Diabetes Kering Dengan Diabetes Basah – Di dalam dunia medis dan dalam ilmu kedokteran tidak ada yang namanya jenis diabetes kering atau diabetes basah. Tetapi istilah ini cukup populer dan sudah berkembang dikalangan masyarakat.

Perbedaan Diabetes Kering Dengan Diabetes Basah

Istilah tersebut muncul dikarenakan beberapa pasien penderita diabetes melitus biasanya akan memiliki dampak dengan kondisi tubuh yang lama kelamaan menjadi kurus kering.

Di dalam dunia medis atau ilmu kedokteran, diabetes dibedakan menjadi dua tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes atau yang sering kita sebut kencing manis adalah satu penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol.

Pada diabetes tipe satu terjadi gangguan sekresi hormon insulin sehingga tidak bisa memproduksi hormon insulin sedikitpun. Hal ini disebabkan oleh penyakit auto imun yang di mana tubuh dihambat untuk menghasilkan hormon insulin.

Biasanya pasien yang telah terdiagnosa diabetes tipe 1 ini sejak dini atau masih kanak-kanak.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2, hormon insulin masih terus diproduksi akan tetapi jumlahnya lebih sedikit dan kurang peka pada glukosa. Hal ini menyebabkan kekuatan untuk membantu glukosa masuk ke dalam tubuh jadi rendah.

Pada penderita diabetes tipe 2 ini sering terjadi pada mereka yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai keturunan diabetes dalam keluarga.

Akibat dari hormon insulin yang tidak bekerja maksimal, maka menimbulkan beberapa jenis gangguan pada tubuh, seperti tubuh mengambil cadangan glukosa yanga ada di dalam lemak. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka tubuh pasien akan terlihat kurus kering.

Perbedaan Diabetes Kering Dengan Diabetes Basah

Perbedaan Diabetes Kering Dengan Diabetes Basah

Diabetes kering dan diabetes basah dibedakan berdasarkan gejalanya. Berikut perbedaannya ;

Gejala Diabetes Kering

Pada umumnya gejala diabetes kering mempunyai gejala yang beberapa diantaranya bisa dilihat secara fisik. Berikut gejala-gejala diabetes kering;

  • Selalu meraskan lapar yang hebat, dikarenakan tidak adanya glukosa ke dalam tubuh karena menumpuk semua ke dalam darah
  • Rasa haus yang hebat
  • Pandangan menjadi buram, itu dikarenakan oleh kadar gula dalam darah tinggi yang dapat memengaruhi lensa mata
  • Kondisi mood sering berubah-ubah dikarenakan terjadi fluktuasi dalam darah
  • Pegal-pegal pada otot dehidrasi hebat
  • Merasakan gatal-gatal dibagian anggota tubuh
  • Berat badan menjadi turun karena lemak dalam tubuh terus menerus dibakar menjadi tenaga.
  • Bau nafas yang tidak sedap kaluar dari mulut disebabkan oleh pembentukan keton (zat yang baunya menyerupai buah-buahan) sebagai hasil dari proses pemabakaran lemak dengan aseton sebagai sumbe energi

Gejala Diabetes Basah

Gejala pada penderita diabetes basah sebenarnya hampir mirip dengan diabetes kering, akan tetapi yang membedakan ilah kondisi fase dan keadaan fisik. Berikut beberapa gejala diabetes basah ;

  • Terdapat infeksi pada jaringan kulit, saraf, dan jaringan otot. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Clostridium Perfringens dan Bacillus Fusiformis. Biasanya infeksi bakteri terjadi pada daerah yang lembab seperti mulut, usus, paru-paru, serviks dan vulva. Sedangkan untuk jenis diabetes ini sering terjadi di daerah kaki atau sela-sela jari kaki.
  • Infeksi yang berawal dari luka. Pada penderita diabetes basah sering mengalami luka yang disebut luka diabetes atau luka gangren. Luka gangren disebabkan karena tidak adanya suplai darah ke bagian tubuh karena terhambatnya aliran darah yang membawa nutrisi ke dalam tubuh yang mengakibatkan jaringan mati. Luka ini biasanya sangat sulit untuk sembuh, dikarenakan tidak adanya lagi jaringan dan sel-sel yang hidup dan berkembang. Luka gangren yang sudah parah biasanya di tangani dengan cara di operasi atau di amputasi.

Demikian ulasan mengenai perbedaan diabetes kering dengan diabetes basah telah saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membaca dan semoga bisa menambah wawasan anda mengenai jenis jenis diabetes.

Untuk informasi tips cara mengobati diabetes atau luka diabetes anda bisa mengunjungi situs Agen Resmi QnC Jelly Gamat. Terimakasih atas kunjungannya 🙂

Atau anda juga bisa mengunjungi >>> Obat Luka Diabetes Supaya Cepat Kering